H+7 Lebaran PKL Di Perbolehkan Berdagang Di Jalan Siliwangi, Sementara Puspa Siliwangi Dalam Tahap Pengerjaan

H+7 Lebaran PKL Di Perbolehkan Berdagang Di Jalan Siliwangi, Sementara Puspa Siliwangi Dalam Tahap Pengerjaan

Sabtu, 23 Maret 2024

 

Puspa Siliwangi bakal tempat berdagangnya PKL Siliwangi dan seputar taman kota dalam pembangunan permanen

Benangmerah, Implementasi penataan PKL Siliwangi Kuningan dalam pembangunan pasca relokasi dengan membentuk zona otorita jalan Langlangbuana dan Taman Kota untuk mengelola zona masing masing.


Kondisi awal, progres dan tindak lanjut nya Pemda Kuningan menilai ketidaktertiban dan kesemrawutan sepanjang pertokoan di jalan Siliwangi, Taman Kota lingkungan, Jl A Yani (Mesjid Syiarul Islam) dan sekitarnya akibat dari tidak tertatanya aktivitas para pedagang kaki lima (PKL). Ada sebanyak 392 PKL yang tersebar di sekitar jantung Kota Kuningan, selain itu kesemrawutan dirambah dengan hilir mudiknya aktivitas delman Wisata dan parkir R 2-R 4. 


Dalam progres pembangunan yang sedang dalam pengerjaan tentunya melalui proses panjang berbagai hal yang dihadapi untuk mempercantik Kota Kuningan. Setalah melalui sosialisasi dan audensi dengan paguyuban PKL yang di ditenggarai Komisi 1 DPRD mendapat satu kesimpulan. 


"Dalam kesepakatan bersama PKL Siliwangi dan sekitarnya akan menempati Puspa Siliwangi lokasi (eks SD 17) dan LB pada H+7 Lebaran. PKL menandatangani pernyataan kesediaan pindah tempat berdagang dan mengikuti aturan Pemda," terang Asisten perekonomian dan pembangunan Setda Kuningan H. Deden Kurniawan Sopandi A.Ks., M.Si.


Selain itu dalam tindak lanjut progres, kata Deden, Penentuan lokasi PKL per jenisnya produk, pendataan PKL Tamkot dan sekitarnya By name by address, karena PKL di luar PKL Siliwangi harus ikut pindah dan ditertibkan secara bersama-sama. Tidak ada ruang PKL untuk berpindah lokasi selain lokasi yang telah ditentukan. 


"Ini semua demi menjaga dalam program Cipta ko disi melalui festival UMKM dan pasar murah. Sosialisasi penggunaan Qris untuk digital payment dan retribusi" terangnya lagi.


Bakal Puspa Siliwangi


Sementara kondisi awal lokasi Puspa Siliwangi. Penerangan Jalan Umum terbatas, gedung belum dibongkar, lantai belum, di cor, Kanopi belum terpasang, Gardu listrik belum di bongkar, ketinggian lahan yang berbeda. Dalam Progresnya, kini telah terpasang PJU, gedung selesai dibongkar, lahan sudah rata dan di cor, Kanopi utama sudah terpasang, dan Gardu Listrik sudah dipindahkan, imbuhnya


Dalam menindaklanjuti progres pembangunan Puspa Siliwangi yang akan ditempati PKL, kini tengah di tata rapi agar pe gunjung dapat merasakan kenikmatan besantai dan menikmati sajian sajian para penjaja berbagai jenis makanan dan kuliner yang tetsedia secara higinis PKL secara nyaman dan aman, selain pembangunan masagi juga dilengkapi dengan pasilitas umum lainnya guna memanjakan pengunjung. Puspa Siliwangi ini dilengkapi juga dengan sarana prasarana untuk PKL seperti Listrik, Air bersih, Toilet, dan Musholla. (Mans Bom)