Lima Karakter di INKAI Yang Harus Dijiwai Dalam Olah Raga Bela Diri Karate

Lima Karakter di INKAI Yang Harus Dijiwai Dalam Olah Raga Bela Diri Karate

Selasa, 05 Maret 2024
Di atas Podium Agus Wadono memberikan sambutan pelaksanaan ujian kenaikan tingkat olah raga bela diri Karate



Benangmerah, Dalam seni olah raga khususnya bela diri Karate ada Lima unsur yang harus melekat dalam jiwa INKAI. Tidak boleh sombong meski telah banyak prestasi yang diraih, semua harus menjiwai 5 sumpah Karate.


Terutama penyandang Sabuk Hitam Yunior. Sanggup memelihara kepribadian, menjaga kejujuran, mempertinggi prestasi, menjaga sopan santun, dan sanggup menguasai diri. Hal itu disampaikan Dewan Penasehat yang juga salah seorang pendiri Cabang INKAI di Kabupaten Kuningan Agus Wardono, SE,. MBA dalam sambutan pembukaan ujian kenaikan tingkat yang digelar di Gedung Serbaguna Desa Cikaso Minggu (4//3/2024)


Selain itu, lanjut Agus Wardono, disamping pelaksanaan kenaikan tingkat, kedepan ada harapan untuk diagendakan Gasukhu. Tour bersama Khohai termasuk orang tua Khohai. 


Muhamad Aditia Wicaksana selaku ketua panitia pagelaran ujian kenaikan tingkat Karate 10 Ranting, di Desa Cikaso selain tempatnya bagus juga karena Karate ada Rantik pelatihan anak SD dan MI Cikaso, Mayoritas peserta di Kuningan pelajar dari SD, SMP hingga SMA 


Di Kuningan banyak namun yang ikut berpartisipasi dalam ujian ini ada 10 Ranting, Ranting terbanyak di Kuningan adalah Ranting Koramil Cilimus dan dari Bina'ul Umah yang rata rata ikut ujian sekarang ini di usia sekolah antara 10 sampai 15 tahun, dalam ujian kenaikan tingkat di Karate itu ada Sabuk Putih, Sabuk Kuning, Sabuk Hijau, Sabuk Biru, dan Sabuk Coklat. Kalau lulus dari Sabuk putih ke Sabuk Kuning dan seterusnya hingga ke Sabuk Coklat. Terang Ketua Panitia penyelenggara Muhamad Aditia Wicaksan.


Untuk di event event pertandingan, kata M Aditia, tidak ada batasan Sabuk, tapi kecenderungan lebih kepada skill anak, walaupun misalnya pemegang Sabuk kuning tetapi skillnya sudah hebat itu bisa diikutsertakan bertanding, jadi kalau untuk ke event sebagai prestasi tidak ada batasan sabuk. Untuk kenaikan sabuk semesteran satu semester itu Enam bulan. Untuk latihan Karate bisa di mana saja asal sepengetahuan dan izin Sempay itu latihan tambahan, latihan rutin nya di masing masing ranting, imbuhnya


"Tingkatan di Karate itu ada namanya Sempay, Sempay itu Dan Satu sampai Dan Tiga. Sabuk Hitam berbeda tingkatan. Kalau Dan Satu Dan Dua Dan Tiga, itu disebutnya Sempay. Dari Dan Empat itu disebut Sensey, sedangkan Dan Delapan itu disebutnya Sihan jadi ada tingkatan tingkatan. Kalau sudah menyandang Sabuk Hitam sudah bisa melatih yang junior," terang M. Aditia Wicaksana, ditengah kesibukan penilaian kenaikan tingkat, (Mans Bom)