Perebutan Tempat Ketiga AFC CUP U 23 Indonesia vs Irak Kembali Berpotensi Dirugikan Asisten VAR

Perebutan Tempat Ketiga AFC CUP U 23 Indonesia vs Irak Kembali Berpotensi Dirugikan Asisten VAR

Rabu, 01 Mei 2024

 

Sivakorn Pu-udom  yang akan menjadi assisten VAR antara Indonesia U 23 vs Irak U 23

Benangmerah, Perebutan tempat ketiga piala asia U 23 akan mempertemukan Indonesia U 23 vs Irak U 23 pada hari Kamis, 2 Mei 2024 pukul 22 : 30 WIB. Laga nanti, diprediksi kembali berpotensi adanya beberapa keputusan kontroversial yang merugikan timnas Indonesia. Pasalnya, Wasit asal Thailand, Sivakorn Pu-udom resmi ditunjuk AFC sebagai asisten VAR di pertandingan perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 yang mempertemukan Timnas Indonesia U-23 menghadapi Irak.


Dilansir tvonenews.com, Selasa (30/5) Sivakorn Pu-udom sebelumnya sempat membuat suporter Timnas Indonesia U-23 kesal dan marah lantaran dianggap tidak adil ketika memimpin jalannya pertandingan yang melibatkan skuad Garuda Muda.


Pada laga perdana Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 menghadapi Qatar, Sivakorn Pu-udom dinilai melakukan kesalahan fatal dengan memberikan hadiah penalti kepada tuan rumah saat menjadi wasit VAR.


Bukan hanya itu, tim asuhan Shin Tae-yong ini juga merasa dirugikan setelah Ivar Jenner dikartu merah oleh wasit utama Nasrullo Kabirov usai mendapat masukkan dari Sivakorn Pu-udom.


Terbaru, Sivakorn Pu-udom pun membuat beberapa keputusan kontroversial saat Timnas Indonesia U-23 dikalahkan Uzbekistan pada laga semifinal Piala Asia U-23 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Senin (30/4).


Dalam laga tersebut, ada momen krusial yang melibatkan Sivakorn Pu-udom sebagai wasit VAR. Beberapa di antaranya adalah penalti yang batal diberikan untuk Indonesia serta gol Muhammad Ferarri dianulir.


Kalau diperhatikan sepanjang laga baik melawan Qatar maupun Uzbekistan setiap momen yang menguntungkan timnas Indonesia U 23, selalu ada intervensi dari Sivakorn Pu-udom sebagai wasit VAR. Dan hasil keputusannya berubah menjadi keputusan yang merugikan Indonesia. Begitu juga sebaliknya. Setiap momen yang menguntungkan tim lawan dan merugikan timnas Indonesia, tidak pernah ada intervensi dari VAR, bahkan ketika Muhammad Ferarri dianulir, VAR tidak memperlihatkan garis offside.


Kini perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024, AFC kembali menunjuk Sivakorn Pu-udom untuk menjadi asisten VAR. Sementara wasit utama VAR adalah Abdullah Dhafer A Al Shehri dari Arab Saudi.


Kemudian untuk wasit utama, AFC resmi menunjuk Majed Mohammed H Alshamrani asal Arab Saudi yang juga pernah memimpin laga Timnas Indonesia U-23 melawan Australia di babak penyisihan grup.


Sementara asisten wasit satu dan dua adalah Alrefaei Hesham Mohammed A serta Omar Ali A Aljamal yang juga berasal dari Arab Saudi.


.(Redaksi)