Permasalahan Limbah Kotoran Sapi Akan Segera Mendapatkan Solusi

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Permasalahan Limbah Kotoran Sapi Akan Segera Mendapatkan Solusi

Selasa, 06 November 2018
Kuningan - Limbah kotoran sapi yang berasal dari kawasan wilayah Kecamatan Cigugur khususnya dari kelurahan Cipari sudah sejak lama menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan. Setiap hariya, sekitar 10-15 ton kotoran sapi dihasilkan dari peternakan sapi yang ada di wilayah tersebut yang menimbulkan berbagai keluhan dari masyarakat sekitar.

Berbagai pembahasan mengenai hal tersebut telah dilakukan oleh pemerintah bersama beberapa pihak terkait seperti dengan pihak Kecamatan, Kelurahan, Dinas Pertanian, dan beberapa pihak lainnya yang ada di wilayah sekitar termasuk dengan para peternak sapi serta beberapa tokoh masyarakat seperti yang dilakukan siang tadi, (06/11/2018) yang bertempat di Kantor Kelurahan Cigugur.

Dari hasil pembahasan tersebut, untuk mengatasi permasalahan limbah kotoran sapi ini pemerintah akan membangun tempat pembuangan limbah sementara yang akan dibangun mulai besok tgl 7 November 2018 yang berlokasi di Cipari. Selain itu penataan jalan menuju tempat pembuangan limbah juga akan dilakukan agar mempermudah dalam membuang limbah.

Bupati Acep Purnama mengatakan bahwa dalam hal ini perlu adanya koordinasi dengan para peternak untuk membuang kotoran yang sudah dimasukan kedalam karung untuk dibuang ke tempat pembuangan yang sudah disediakan oleh Pemerintah.

Bupati mengharapkan, kotoran yang sudah tertampung bisa diolah menjadi sesuatu yang memiliki nilai guna baik untuk pupuk, bio gas dan lainnya. Setelah pembahasan selesai dilaksanakan Bupati Kuningan pun meninjau langsung perternakan Sapi Perah yang berada di Cipari Kecamatan Cigugur.

.imam