Peringatan Hari Santri Nasional Ke-6 Ditengah Pandemi Covid-19 "Santri Sehat Indonesia Kuat"

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Peringatan Hari Santri Nasional Ke-6 Ditengah Pandemi Covid-19 "Santri Sehat Indonesia Kuat"

Kamis, 22 Oktober 2020

 

Hari Santri Nasional Ke-6 Tahun 2020 Digelar Di Halaman Setda Kuningan

KUNINGAN, (BM) - Peringatan Hari Santri Nasional ke-6 tahun 2020 secara khusus mengambil tema “santri sehat indonesia kuat” yang diangkat berdasarkan fakta bahwa dunia internasional tak terkecuali indonesia, saat ini tengah dilanda pandemi global corona virus disease 2019 (covid-19). 


Upacara Hari Santri Nasioanal di kabupaten Kuningan sendiri digelar di halaman Setda Kuningan, Kamis (22/10/2020). Dalam kegiatan ini hadir wakil bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, SH., M.Si., Sekda Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si., ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Forkopimda Kabupaten Kuningan, Kapolres, Dandim, Kajari, ketua pengadilan negeri, Kepala SKPD, Asisten lingkup setda, para Camat, para Kabag, Ketua MUI Kuningan, PC NU Kabupaten Kuningan, tokoh agama, dan tokoh masyarakat.


Dalam kesempatan ini, Bupati Kuningan membacakan sambutan Kementrian Agama. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan mengenai Rancangan Peraturan Presiden dan Rancangan Peraturan Menteri Agama Sebagai Regulasi Turunan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 Tentang Pesantren, yang telah memberikan Afirmasi, Rekognisi, dan fasilitasi terhadap pesantren dalam melaksanakan fungsi pendidikan, fungsi dakwah, dan fungsi pemberdayaan masyarakat.


“Tema ini adalah jawaban dari komitmen kita bersama dalam mendorong kemandirian dan kekhasan pesantren. saya yakin, jika santri dan keluarga besar pesantren sehat, bisa melewati pandemi covid-19 ini dengan baik, insyaallah, negara kita juga akan sehat dan kuat.” Ujar Bupati Kuningan.


Dalam kesempatan ini juga, ketua PC NU K.H. Aam menyampaikan untuk menjadikan hari santri nasional sebagai momentum pelajaran. jadikan jiwa santri sebagai inspirasi bagi kehidupan dan kemurahan hati dalam kehidupan sehari hari.


“Santri dalam hruruf arab yaitu sin, nun, ta, dan ra. Jiwa santri selalu tunduk dan patuh menerima apa yang diperintahkan oleh para kiyainya. Resolusi jihad yang dikumandangkan bisa digetarkan dan bisa membawa santri untuk bisa memperjuangan Negri kita yang kita cintai, karena jiwa santri samina wa atana, jiwa inilah yang harus kita pegang teguh.” Ujarnya.


Dalam kegiatan ini, Bupati Kuningan juga mengumumkan dan memberikan hadiah Juara perlombaan dalam rangkaian kegiatan Hari Santri Nasional ke-6 Tahun 2020. Perlombaan tersebut diantaranya adalah kategori Cerdas Cermat dengan Juara 1 adalah dari SMA Negeri 2 Kuningan, juara 2 adalah MAN 1 Kuningan, dan Juara 3 adalah MA NU As-Syukuriyah, kategori Audisi Dakwah Nusantara (Putra) dengan Juara 1 M. Ali Candra, Juara 2 Hamdan Mubaroq, dan Juara 3 Dandi Nur Hidayah, kategori Audisi Dakwah Nusantara Putri dengan juara 1 Maulani Mubarok, Juara 2 Bunga Adelia Utami, dan Juara 3 Syifa Nur Bani Hawa. (Irwan/Diskominfo)