Pelatihan K3 Konstruksi Libatkan Tiga Asosiasi. Bagaimana Dengan Proses Paket Pekerjaan?

Pelatihan K3 Konstruksi Libatkan Tiga Asosiasi. Bagaimana Dengan Proses Paket Pekerjaan?

Jumat, 17 Juni 2022
Dinas PUTR Kabupaten Kuningan


Kuningan, (BM) - Dalam waktu dekat bidang Bina Kostruksi Dinas PUTR kabupaten Kuningan berencana menjalankan salah satu tupoksinya dengan menggelar kegiatan pelatihan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Konstruksi pada tanggal 27 sampai 30 Juni 2022 bertempat di hotel Horison Sangkanurip.


Menurut Kepala Bidang Bina Konstruksi, melalui Pembina Jasa Konstruksi, PUTR kabupaten Kuningan, Anang,  kegiatan ini bertujuan dalam peningkatan SDM dari berbagai perusahaan yang ada di kabupaten Kuningan agar bisa bersaing dalam dunia kerja. 


"Harapannya semua perusahaan yang tergabung dalam asosiasi bisa bersaing dengan kompetensi keahlian masing-masing sehingga bisa mendapatkan pekerjaan," harap Anang saat dikonfirmasi, Jumat (17/6).


Peserta pelatihan, lanjut Anang, selain ASN yang terkait dengan bidang jasa konstruksi juga melibatkan tiga asisiasi, yaitu Gapensi, Aspekindo dan Askonas.


Pelatihan K3 yang melibatkan tiga Asosiasi dinilai positip oleh sebagian besar pengusaha karena membantu dalam peningkatan kualitas SDM yang ada di perusahaan, terutama bidang konstruksi. Namun sayang, hal ini tidak berlanjut pada proses pelaksanaan paket pekerjaan, baik penunjukan langsung (juksung) maupun lelang terbuka. 


Dalam hal proses pelaksanaan paket pekerjaan, pemerintah seolah tidak mengakui keberadaan Asosiasi ini. Sehingga walaupun selalu terlibat dalam pelatihan K3 Konstruksi namun dalam realisasi pekekrjaan selalu nol. 


Keadaan ini membuat kesimpulan tidak adanya sinkronisasi dari mulai proses pembinaan dan pelatihan dengan proses pelaksanaan paket pekerjaan pemerintah. Karena pada akhirnya, walau sudah memiliki spesifikasi yang memadai sesuai aturan, masih banyak perusahaan yang 'nganggur'.


.(Irwan)