Kuningan Gelar Panen Cabai Serentak 4 Provinsi dan Pangan Murah di Desa Sagarahiang

Kuningan Gelar Panen Cabai Serentak 4 Provinsi dan Pangan Murah di Desa Sagarahiang

Rabu, 20 Desember 2023

 

Gelaran Pangan Murah di desa Sagarahiang

Benangmerah, Dalam upaya pengendalian inflasi harga bahan pokok di pasaran, kabupaten Kuningan bersama beberapa kabupaten lain di empat provinsi menggelar panen cabai serentak, gelar pangan murah dan monitoring harga dibeberapa pasar. Kegiatan ini digelar secara streaming mulai jam 8 pagi. 


Untuk panen cabai serentak dan gelar pangan murah di kabupaten Kuningan bertempat di desa Sagarahiang kecamatan Darma yang merupakan sentra tanaman holtikultura terutama jenis cabai. 


Kegiatan ini dimulai dengan menyimak dialog secara zoom yang diikuti Pj Gubernur DKI Jakarta, Pj Gubernur provinsi Jawa Barat, Pj Gubernur provinsi Jawa Tengah dan Pj Gubernur provinsi Banten serta Kepala Badan Pangan Nasional.


Pemkab Kuningan sendiri diwakili, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, H. Deden Kurniawan Sopandi, A.Ks, M.Si, Kepala Kejari Kuningan, Dudi Mulyakusumah, SH, MM dan perwakilan Kapolres. 


Setelah panen cabai serentak yang dilakukan secara simbolis, Asisten bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda, Deden Kurniawan Sopandi beserta rombongan lanjut melakukan monitoring pelaksanaan pangan murah di halaman kantor desa Sagarahiang.


Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kuningan pada kegiatan Pangan Murah, desa Sagarahiang, Rabu (20/12)


"Acara ini merupakan rangkaian kegiatan pemerintah daerah kabupaten Kuningan bersama kabupaten lain di empat provinsi yang bertujuan untuk menekan inflasi harga bahan pangan. Ini merupakan sokterapi bagi pasar yang diharapkan bisa menekan harga bahan pokok agar tidak terlalu tinggi sehingga ketahanan pangan di kabupaten Kuningan tetap kondusif," ungkapnya saat ditemui di lokasi kegiatan, Rabu (20/12).


Menurutnya, pemerintah daerah berkewajiban mengendalikan inflasi harga pangan yang saat ini terus naik. Mudah-mudah dengan kegiatan seperti ini harga akan kembali normal dan perekonomian masyarakat kabupaten Kuningan bisa kembali normal pula.


Dari pantauan benangmerah.co.id di pasar murah, terlihat harga bahan pokok yang cukup murah, seperti harga beras Rp. 52.000/pack (5kg), bawang merah Rp. 30.000/kg, bawang putih Rp 36.000/kg, minyak goreng Rp 14.000/liter, cabai merah Rp 40.000/kg, cabai rawit merah (jablay) Rp 64.000/kg, daging ayam Rp 26.000/kg dan telur ayam 24.000/kg.


Monitoring Harga di Pasar Kepuh Kuningan


Dari pasar murah rombongan Asda 2, Kajari, Polres Kuningan melanjutkan kegiatan monitoring harga bahan pokok di pasar Kepuh Kuningan.


.(One)