Bank Kuningan Adakan Literasi Keuangan Sektor Pendidikan di Universitas Kuningan

Bank Kuningan Adakan Literasi Keuangan Sektor Pendidikan di Universitas Kuningan

Kamis, 06 Juni 2024

 

Rektor Universitas Kuningan DR. H. Dikdik Harjadi, SE.M.Si, Direktur Utama Bank Kuningan H.Dodo Warda , SE, Direktur yang membawahkan Fungsi Kepatuhan Deni Heryana, S.Sos, Kepala Cabang Bank Utama Arief Komara, SE, Kepala Cabang Mandirancan H.Muhamad, SE, Tim Marketing kantor Pusat, Tim marketing Cabang Utama

Benangmerah, Bank Kuningan kembali melakukan literasi keuangan pada semester pertama tanggal 04 Juni 2024 di Gedung Student Center Universitas Kuningan, hal ini merupakan kewajiban sektor jasa keuangan sesuai dengan POJK No.22 tahun 2023 tentang Perlindungan Konsumen Dan Masyarakat Di Sektor Jasa Keuangan, yang mana dalam peraturan tersebut salah satunya mengatur tentang kewajiban Pelaku Usaha Jasa Keuangan (PUJK) untuk melakukan Literasi Keuangan terhadap masyarakat dengan tujuan meningkatkan kemampuan masyarakat untuk memilih dan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan sesuai kebutuhan, memiliki kemampuan dalam melakukan perencanaan keuangan dengan lebih baik, mampu bertanggungjawab pada keputusan keuangan yang diambil serta terhindar dari aktifitas investasi pada instrumen keuangan yang tidak jelas. kegiatan literasi tersebut harus menjadi agenda tahunan dan dilaksanakan paling sedikit satu kali dalam satu semester atau 2 kali dalam setahun.


Pada kegiatan literasi Keuangan tersebut tampak hadir Rektor Universitas Kuningan DR. H. Dikdik Harjadi, SE.M.Si, Direktur Utama Bank Kuningan H.Dodo Warda , SE, Direktur yang membawahkan Fungsi Kepatuhan Deni Heryana, S.Sos, Kepala Cabang Bank Utama Arief Komara, SE, Kepala Cabang Mandirancan H.Muhamad, SE, Tim Marketing kantor Pusat, Tim marketing Cabang Utama, Kadugede, Mandirancan serta Siswa/Siswi di Wilayah Kabupaten Kuningan yang didampingi Pembina atau Guru Pendampingnya.


Rektor Universitas Kuningan DR. H. Dikdik Harjadi, SE.M.Si dalam sambutannya menyampaikan sejarah berdirinya Universitas Kuningan serta sudah terjalinnya kerjasama dengan Bank Kuningan dalam beberapa Tahun terakhir ini dengan sama-sama sudah merasakan manfaat dari kerjasama ini, kaitan dengan kegiatan ini betapa pentingnya Literasi keuangan terutama bagi pelajar sehingga para pelajar dapat belajar mengatur keuangannya, beliau juga menyampaikan bank Kuningan dilahirkan dan dibesarkan oleh masyarakat Kabupeten Kuningan maka dari itu masyarakat kuningan harus mengenal dan membesarkan Bank Milik Urang Kuningan ini.


Dalam Kesempatan yang sama H Dodo Warda, Se dalam sambutannya menyampaikan kebanggaannya karena Bank Kuningan diamanatkan oleh Pemerintah Daerah untuk terus dapat berkontribusi sebagai mitra Pemerintah Daerah dalam rangka meningkatan taraf hidup masyarakat Kabupaten Kuningan, salah satu implementasinya adalah dengan diadakannya Literasi sektor Pendidikan/ Pelajar untuk merencanakan dan menata keuangan sejak dini, diharapkan dengan kegiatan ini para pelajar dapat mengatur dan menggunakan keuangan dengan bijak demi masa depan yang lebih baik. Dodo juga menyampaikan kebanggaannya dapat menjadi bagian dari Bank Kuningan dengan amanah dari pemerintah daerah Kabupaten kuningan untuk dapat memberikan nilai Manfaat secara merata untuk masyarakat Kabupaten Kuningan, ,Ungkap Dodo sebagai Dirut Bank Kuningan


Pada Kegiatan Literasi Keuangan tersebut diawali dengan Pre-test sebelum diisi oleh pemateri yakni Deni Heryana S.SOS sebagai Direktur Yang Membawahkan Fungsi Kepatuhan dan Heri Nuraripin, S.Kom Sebagai Marketing Bank Kuningan, dan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman atas materi yang sudah disampaikan maka diadakan lagi Post-Test.


.(YS)