Dinkes Kabupaten Kuningan Gelar Workshop ASI Eksklusif

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Dinkes Kabupaten Kuningan Gelar Workshop ASI Eksklusif

Kamis, 22 November 2018
KUNINGAN - Kenapa ASI (Air Susu Ibu) harus diberikan selama 6 bulan?
Karena pada masa itu bayi belum memiliki enzim pencernaan yang sempurna untuk mencerna makanan atau minuman lain. Tujuan pemberian eksklusif adalah untuk melindungi bayi dari resiko penyakit dan infeksi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan H. Raji, SE, M.Mkes dalam acara Workshop ASI eksklusif yang berlangsung di Gedung Sanggariang Rabu (21/11). Acara diikuti oleh sekitar 250 orang peserta, dengan nara sumber dr. Rika, SP.og dan dr. Suwanti, SP.a

Lebih lanjut Raji menjelaskan manfaat pemberian ASI bagi ibu adalah untuk mempercepat penyembuhan luka pendarahan akibat melahirkan, untuk mempererat hubungan emosional ibu dan anak, untuk membuat tubuh ibu kembali ideal serta dapat terhindar dari resiko kanker payudaraa dan kanker rahim.

Sementara itu Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan, investasi sehat harus diajarkan sedini mungkin melalui keluarga yang merupakan inti dari masyarakat, apabila keluarga bisa berprilaku sehat maka masyarakat akan sehat. Hal ini sejalan dengan Visi Kabupaten Kuningan yaitu MAS (Mandiri, Agamis dan Sejahtera). Bila keluarga sehat maka produktivitas meningkat sehingga kesejahteraan masyarakat juga meningkat.

Pemkab Kuningan sangat mendukung program ASI Ekslusif harus diberikan kepada bayi hingga usia 6 bulan, karena ASI ekslusif merupakan hak bayi, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2012 tentang pemberian ASI Ekslusif.

"Untuk mewujudkan hal tersebut melalui forum ini saya menginstruksikan kepada seluruh SKPD/Instansi/Organisasi terkait untuk mensosialisasikan dan mengkampanyekan ASI ekslusif kepada masyarakat, dan saya mengajak kepada masyarakat Kabupaten Kuningan untuk andil dalam kegiatan ini," Pinta Acep.

.yesi