Program KATANA Berakhir Meriah Namun Dramatis

Kategori Berita

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Program KATANA Berakhir Meriah Namun Dramatis

Senin, 03 Desember 2018
Kuningan – Masyarakat Kampung Ragawangsa Desa Situgede Kecamatan Subang Kabupaten Kuningan kini tidak perlu lagi khawatir akan terjadi bencana. Pasalnya, puluhan dari mereka telah mengikuti pelatihan tanggap bencana yang diselenggarakan oleh BTB Jawa Barat dan BTB Kabupaten Kuningan di Madrasah, Rabu (21/11/2018).

Tidak lain adalah program pendirian Kampung Tanggap Bencana (KATANA) yang dilaunchingkan pada Rabu lalu (10/10/2018), dan kini program itu dapat terselesaikan Rabu sore (21/11/2018) sekitar pukul 14.30 WIB ditempat yang sama pula. 

Sebelum penutupan dilaksanakan, puluhan masyarakat dianjurkan untuk berakting terlebih dahulu dengan tema yang diangkat Simulasi Bencana Longsor. Berbagai fasilitas pun disediakan oleh pihak relawan, mulai dari tenda, tandu dan mobil. Selain itu, pihaknya juga mendatangkan wartawan media televisi dari liputan 6 dan RCTI (MNC TV) sehingga dalam pelaksanaannya tersebut nampak kian meriah dan penuh dramatis.

Komandan BTB Kuningan Muhammad Entus mengatakan, target yang diinginkan dalam program ini, tidak lain adalah masyarakat dapat mengetahui dan memahami informasi dasar tentang penanggulangan bencana, diantaranya sistem peringatan dini, jalur evakuasi dan tempat evakuasi.

“Kemudian usai simulasi, kita adakan monitoring dan evaluasi bersama, sejauh mana masyarakat Katana ini dapat memahami penanggulangan bencana di wilayah. Sehingga dapat dilakukan tindakan koreksi untuk penyempurnaan,” ujarnya. 

Sementara itu, ia menjelaskan, program katana ini akan terus dilaksanakan bagi masyarakat yang berlokasi di wilayah  rawan bencana yang memungkinkan dapat terjadi kapan saja, terlebih seperti Kampung Ragawangsa dan disisi lain daerah tersebut masih banyak kekurangannya diantaranya akses medan transportasi yang kecil, ruksak nan jauh dan susahnya mendapatkan signal telekomunikasi.

“Bencana itu siapa yang menduga kan serba mendadak, namun setelah kita membentuk tim dan juga melatih mereka tentang penanggulangan bencana.  Mudah-mudahan mereka semua dapat mengatasinya  dengan baik selagi menunggu bantuan dari luar datang. ” harapnya

Pantauan awak media BTB Kuningan, dalam kegiatan terakhirnya itu, nampak dihadiri oleh Kepala Desa Situgede Ahmari,  Camat Kecamatan Subang Indra Bayu Permana S STP, Ketua BPBD Agus Mauludin SE, Ketua Baznas Kuningan Drs H Encu Sukat WS MA dan Direktur Program KATANA BTB Pusat Dian.

.imam / .btb