Dinkes Pastikan Kuningan Aman Dari Virus Corona, Namun Tetap Waspada

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Dinkes Pastikan Kuningan Aman Dari Virus Corona, Namun Tetap Waspada

Rabu, 05 Februari 2020
Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, dr. Denny Mustafa

KUNINGAN, (BM) - Wabah virus Corona kian hari kian mengkhawatirkan dunia termasuk Indonesia. Kementerian Kesehatan RI pun melayangkan surat himbauan waspada dini terhadap penyebaran virus mematikan ini. Wabah yang melanda dunia ini pun menimbulkan rasa panik dikalangan masyarakat Kuningan. Namun baru- baru ini Dinas Kesehatan kabupaten Kuningan memastikan bahwa kabupaten Kuningan aman dari penyebaran virus tersebut.

Kepastian aman dari virus Corona disampaikan langsung Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Hj. Susi Lusianty, MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), dr. Denny Mustafa saat dikonfirmasi awak media di ruang kerjanya, Selasa (4/2).

"Kami pastikan Kuningan bahkan Indonesia sampai saat ini aman dari wabah virus Corona. Masyarakat dihimbau jangan panik dalam menyikapi penyebaran virus mematikan ini, namun tetap waspada sesuai surat edaran Kementerian Kesehatan RI tentang kewaspadaan dini terhadap penyebaran virus corona," tandas Denny kepada benangmerah.co.id.

Terkait upaya pencegahan, Denny menjelaskan sesuai surat dari Kementerian Kesehatan tentang pencegahan atau kewaspadaan dini, yaitu semua sudah disiagakan kalau ada kasus entah itu di puskesmas, praktek dokter swasta dan rumah sakit ada yang baru datang dari 27 negara khususnya China, khususnya Wuhan, maka harus diberlakukan undang-undang karantina.

Adapun 3 kriteria atau tanda-tanda kasus tersebut antara lain, demam tinggi disertai batuk, sesak dan baru datang atau bepergian atau kontak dengan orang-orang yang baru datang dari China terutama Wuhan atau dari 27 negara yang positip ada virus Corona. Kalau ada kasus seperti ini Denny menghimbau untuk segera dilaporkan ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan, Cq Bidang P2P.

"Untuk pasilitas karantina atau isolasi yang dimaksud, pihaknya sudah menyiapkannya di RSUD 45 Kuningan. Saya pikir tindakan pencegahan yang dilakukan Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan sudah maksimal sesuai surat dari Kementerian Kesehatan. Jadi masyarakat Kuningan diharap jangan panik," tutur Deni.

Ditambahkan Deni, mengenai informasi adanya dugaan kasus terjangkitnya virus Corona di  tiga tempat, yaitu RS Gunungjati, RS Waled dan Bandung, semuanya sudah dipastikan negatip. Artinya kita aman dari wabah virus corona, namun waspada harus tetap dijaga.

.(Irwan)



GilaBola+