Disdikbud Kuningan Siapkan Alih Status 27 TK Swasta Menjadi Negeri

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Disdikbud Kuningan Siapkan Alih Status 27 TK Swasta Menjadi Negeri

Kamis, 16 Juli 2020
Ilustrasi Taman Kanak-Kanak (TK)

KUNINGAN, (BM) - Berbagai terobosan terus diambil bidang PAUD Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) kabupaten Kuningan. Setelah Dikmas/PKBM mendapat bantuan dalam bentuk BOP (Biaya Operasional), kini sebanyak 27 TK swasta rencananya akan dialih status sebagai TK negeri yang tersebar hampir di setiap kecamatan.

Menurut Kepala Bidang Pembinaan PAUD Dikmas, Elon Carlan melalui Kasi Kelembagaan Sarana Prasarana PAUD dan Dikmas, Hipa Pahmi, Keputusan ini diambil dengan dilatarbelakangi masih sedikitnya TK Negeri yang ada di Kabupaten Kuningan. Sementara saat ini semua bantuan dari pemerintah hanya diperuntukkan Taman Kanak-Kanak (TK) yang statusnya negeri.

"Hanya ada 6 TK Negeri saat ini yang ada di kabupaten Kuningan. Sementara semua bantuan baik fisik maupun non fisik hanya diperuntukkan bagi sekolah negeri. Contohnya saja saat ini yang mendapat bantuan fisik dari DAK pendidikan hanya 6 TK negeri. Makanya target tahun 2021 harus sudah ada 32 TK negeri di kabupaten Kuningan. Jadi masih kurang 27," Jelas Hipa saat ditemui di kantornya, Kamis (16/7).

Kasi Kelembagaan Sarana Prasarana PAUD dan Dikmas, Disdikbud Kabupaten Kuningan, Hipa Pahmi, SE, M.Si

Perkembangannya saat ini sebanyak 27 TK swasta masih dalam proses sosialisasi dan pembuatan MoU dengan beberapa pemerintahan desa dan yayasan yang TK-nya akan dialih status kan. Dikatakannya, semuanya harus dipersiapkan dengan sangat matang. Jangan sampai nanti setelah gedung berdiri ada masalah dikemudian hari.

"Semuanya harus dipersiapkan dengan sangat matang. Baik dengan desa, yayasan bahkan tenaga pengajarnya pun kita persiapkan. Semua tenaga pengajar yang sudah berstatus sebagai PNS akan kita tarik agar bisa mengajar di TK negeri nanti," terangnya.

Ditambahkanya, selain berdasarkan hal tadi kebetulan juga di pusat lagi ada celah program ini. Artinya saat ini pemerintah melalui kementerian pendidikan sangat mendukung pembentukan TK negeri melalui pengalihan status TK swasta ke negeri. (Irwan)


GilaBola+