Animo Kepercayaan Masyarakat Terhadap SMK Negeri 5 Kuningan Tiap Tahun Meningkat Drastis

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Animo Kepercayaan Masyarakat Terhadap SMK Negeri 5 Kuningan Tiap Tahun Meningkat Drastis

Selasa, 18 Agustus 2020

 

Kampus SMKN 5 Kuningan di Kecamatan Ciawigebang Kabupaten Kuningan


KUNINGAN, (BM) – Kenaikan jumlah Penerimaan Peserta Didk Baru (PPDB) SMK Negeri 5 Kuningan kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat selama tiga tahun terakhir terus menunjukan peningkatan drastis. Atas dasar hal tersebut, membuktikan bahwa animo kepercayaan masyarakat terhadap sekolah yang berada di kecamatan Ciawigebang terus bertambah.

 

Berdasarkan data yang diterima media benangmerah.co.id dari pihak sekolah  selama kurun waktu tiga tahun ini kenaikan jumlah siswa di SMKN 5 Kuningan hampir 100 persen  tiap tahunnya. Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2018/2019 sejumlah 200 siswa baru, 400 siswa baru (2019/2020) dan 700 siswa baru (2020/2021).

 

Tercatat jumlah siswa kelas X hasil Penerimaan Peserta DIdik Baru Tahun Ajaran 2020/2021 sebanyak 749 siswa dari 790 pendaftar yang tersebar di 5 Kompetensi Keahlian, antara lain Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (64 siswa), Teknik Komputer dan Jaringan (238 siswa), Akuntansi dan Keuangan Lembaga (140 siswa), Teknik Bisnis Sepeda Motor (107), Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (143 siswa) dan Bisnis Daring dan Pemasaran (57 siswa).

 

Data Jumlah Siswa SMKN 5 Kuningan Hasil PPDB TA 2020/2021


Menurut Kepala SMKN 5 Kuningan, Ibnu Udy Prasetyo  melalui Wakil Kepala Sekolah bidang Sarpras, Muchsin, Garfik PPDB yang terus naik secara signifikan ini tidak lepas dari konsisitensi pihak sekolah dalam memberikan pelayanan pendidikan terhadap peserta didik.

 

“Disamping SDM pendidik yang terus ditempa dalam meningkatkan kemampuannya mendidik siswa, juga terjadi peningkatan saran prasarana sekolah yang cukup kentara seperti misalnya pembangunan Ruang Praktik Siswa (RPS) yang memadai untuk setiap Kompetensi Keahlian, ruang kelas yang terus bertambah, sarana ibadah, sarana olah raga dan sarana prasarana lain yang menunjang pendidikan kejuruan di SMKN 5 Kuningan,” tutur Muchsin, Selasa (18/8).

 

Yang cukup menarik sebagai sekolah menengah kejuruan, siswa lulusan SMKN 5 Kuningan juga mampu menjawab tantangan dan persaingan di dunia kerja. Beberapa lulusan sekolah ini bisa dengan mudah mendapatkan pekerjaan di beberapa perusahaan ternama terutama perusahaan yang sudah ada MoU dengan sekolah seperti PT. EPSON dan PT. Indomarco.  Walaupun tidak menutup kemungkinan bagi mereka untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

 

Kelebihan inilah biasanya yang coba diambil para orang tua siswa agar selepasnya mengikuti pendidikan di SMKN 5 kuningan, anaknya bisa segera mendapatkan pekerjaan tanpa harus menganggur. Bagi kebanyakan orang tua yang secara ekonomi tidak mampu mensekolahkan anaknya ke Perguruan Tinggi, sekolah seperti SMK Negeri 5 Kuningan adalah solusi terbaiknya. (Irwan)

 

 

GilaBola+