Kuningan Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

Kuningan Raih Penghargaan Swasti Saba Wistara

Rabu, 30 September 2020

 


BANDUNG, (BM) - Kementerian Kesehatan RI menetapkan 17 Kabupaten/Kota di Jawa Barat sebagai Kabupaten/Kota Sehat (swasti saba). Penetapan ini merupakan hasil penilaian atas kepedulian, dukungan, keberpihakan pemerintah daerah serta terjalinnya sinergitas diantara seluruh warga dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di daerahnya masing-masing.


Sebagai wujud apresiasi atas prestasi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, melalui Biro Pelayanan Sosial dan Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, menyerahkan penghargaan kepada 17 Kabupaten/Kota penerima predikat Swasti Saba, yang diserahkan secara simbolik oleh Wakil Gubernur Jawa Barat.


Ke-17 penerima penghargaan tersebut antara lain Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kabupaten Pangandaran sebagai penerima Swasti Saba Padapa. Kabupaten Cianjur dan Ciamis sebagai penerima Swasti Saba Wiwerda.


Kemudian untuk Kabupaten Kuningan, Kabupaten Sukabumi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Subang, Kabupaten Karawang, Kabupaten Garut, Kota Depok, Kota Bogor, Kota Cirebon, dan Kota Banjar sebagai penerima Swasti Saba Wistara.


Swasti Saba Wistara merupakan predikat tertinggi untuk sebuah kabupaten/kota sehat menurut Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri.


Apresiasi diberikan kepada Kabupaten Kuningan pada kegiatan Penyerahan Penghargaan Anugerah Swastisaba Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 di Pusat Dakwah Islam (PUSDAI) , Bandung, Selasa, (29/9). Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH., MH, hadir secara langsung mewakili masyarakat Kabupaten Kuningan menerima piagam apresiasi yang diberikan langsung oleh Wakil Gubernur Jawa Barat H. Uu Ruzhanul Ulum, SE.



Usai seremonial penyerahan penghargaan, Bupati Kuningan menyampaikan rasa syukurnya atas pencapaian ini.


"Alhamdulilah hari ini saya menerima penghargaan Swasti Saba Wistara dimana Kuningan mendapat predikat Sebagai Kabupaten Sehat. Tanda penghargaan Swastisaba Wistara untuk Kabupaten kuningan ini mengartikan Kabupaten Kuningan sudah memberikan yang terbaik. Dengan demikian saya tetap untuk mengajak semua agar tetap bisa mempertahankan capaian -capaian yang sudah tercapai selama ini, bahkan bila dimungkin kan mari kita tingkatkan lagi" Jelas Bupati.


Selanjutnya Bupati juga mengucapkan terima kasih kepada semua element masyarakat, semua pemangku kebijakan, sekolah, pendidikan, kesehatan, lingkungan, industri, dan semuanya yang telah membantu untuk menciptakan kuningan sebagai kabupaten sehat.


"Mari kita tetap istiqomah dalam mempertahkan kuningan sebagai kabupaten yang sehat " Tutur Bupati.


Penghargaan Kabupaten Kota Sehat/Swasti Saba diselenggarakan sejak tahun 2005, mengacu pada Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor:1138/Menkes/PB/VIII/2005.


Penghargaan Kota Sehat Swasti Saba sendiri merupakan bentuk apresiasi dari Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri kepada kabupaten dan kota dalam menerapkan tatanan kawasan sehat. Penghargaan ini diselenggarakan setiap dua tahun sekali dengan tiga kategori tingkatan dari yang terendah, yaitu Padapa, Wiwerda hingga yang tertinggi, Wistara.


Penghargaan yang diberikan berupa piala dan piagam penghargaan, serta dana pembinaan masing-masing sebesar Rp25 juta untuk penerima swasti saba wistara, Rp20 juta untuk penerima swasti saba wiwerda, dan Rp15 juta untuk seluruh penerima swasti saba padapa. (Red-BM/Diskominfo)