SMK Negeri 1 Japara Jalankan Program SMK PK

SMK Negeri 1 Japara Jalankan Program SMK PK

Rabu, 10 November 2021
Kampus SMK Negeri 1 Japara Kabupaten Kuningan

Kuningan, (BM) - SMKN 1 Japara kabupaten Kuningan Provinsi Jawa Barat saat ini tengah menjalankan salah satu program Direktorat Jenderal SMK, yaitu SMK Pusat Keunggulan.

SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyelarasan dengan dunia usaha, dunia industri,dunia kerja, yang akhirnya menjadi SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai sekolah penggerak dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya.

Dalam program tersebut, SMK Negeri 1 Japara diharapkan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten pada kompetensi keahlian tertentu dan terserap di dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja serta dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, melalui program penyelarasan pendidikan vokasi secara sistematik dan menyeluruh dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja.

Target akhir dari program ini adalah menjadikan SMK Negeri 1 Japara sebagai SMK rujukan yang dapat berfungsi sebagai pusat keunggulan, peningkatan kualitas dan rujukan bagi SMK lainnya.

Sesuai dengan program SMK PK, saat ini ada dua hal yang sedang berjalan di SMKN 1 Japara, yaitu program bantuan Fisik dan Non Fisik, yaitu Pembangunan Ruang Praktik dan Pengadaan alat praktik sesuai Kompetensi Keahlian yang dikembangkan. Selain bantuan fisik, juga mendapatkan bantuan Non Fisik berupa bantuan dana untuk program pengembangan Sumber Daya Manusia Guru, Tenaga Kependidikan, dan Siswa.

Menurut Plt Kepala SMK 1 Negeri Japara, Ibnu Udy Prasetyo, M.Eg salah satu output dari program ini adalah diharapkan lulusan sekolah ini bisa langsung diterima di dunia kerja maupun dunia usaha. Karena pembelajan yang dilakukan disekolah sudah sangat sesuai dengan dunia kerja.

"Diharapkan perusahaan bisa menerima pekerja yang merupakan alumni saat praktek kerja lapangan. Misalkan siswa tersebut saat praktek kerja lapangan di salah satu perusahaan. Setelah lulus di dari sekolah ini bisa langsung diterima perusahaan pada saat PKL. Dan kemudian bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi melalui program penyelarasan pendidikan vokasi," terang Ibnu

Ditambahkannya, SMK Negeri 1 Japara merupakan sekolah negeri yang terpilih di Kabupaten Kuningan dalam Program SMK PK yang berjumlah 900 SMK se Indonesia dengan harapan bisa mengimbaskan ke SMK-SMK lainnya yang ada di Kabupaten Kuningan.

.(Irwan)