Ini Program Unggulan SMPN 2 Cibingbin yang Wajib Diperhatikan Calon Siswa Baru. B3Q plus TQ Paling Berprestasi, ANGKOL menjadi Brand

Iklan Semua Halaman

Ini Program Unggulan SMPN 2 Cibingbin yang Wajib Diperhatikan Calon Siswa Baru. B3Q plus TQ Paling Berprestasi, ANGKOL menjadi Brand

Jumat, 20 Januari 2023
Kegiatan Sholat Duha dan Yasinan setiap hari Jumat di SMPN 2 Cibingbin


Benangmerah - Guna memenuhi kebutuhan siswa dibidang pendidikan, di SMP Negeri 2 Cibingbin terdapat beberapa program unggulan yang layak dilirik baik oleh calon siswa maupun orang tua siswa yang hendak mencari sekolah terbaik di wilayah kecamatan Cibingbin.


Ada dua program unggulan di SMPN 2 Cibingbin yang saat sudah mempunyai prestasi mentereng diantaranya, dibidang Pendidikan Agama Islam ada Program Bebas Buta Baca Qur'an plus Tahfiz Qur'an dan bidang seni ada ANGKOL (Angklung dan Kohkol) yang sudah menjadi Brand


1. Proram B3Q plus TQ


Dikatakan Kepala SMPN 2 Cibingbin, H. Cipto, program B3Q plus TQ sudah berjalaln selama 2 tahun ajaran. Hasil evaluasinya cukup luar biasa. 


"Diawali dengan merekrut siswa yang bisa baca Qur'an dengan kualifikasi mahroz huruf dan tajwiznya sangat baik. 30 persen dari jumlah siswa akan menjadi tutor bagi 70 persen siswa. 10 tutor akan mengajari satu kelas siswa yang belum bisa baca Qur'an. Sementara guru agama keliling, begitu juga dengan kepala sekolah," terangnya saat ditemui, Jumat (20/1/2023).


Hasilnya, cukup memuaskan, dari kelas 9 yang kemarin lulus, hanya 3 orang yang belum lolos baca Qur'an. Kemudian dari 30 persen tutor tadi juga tidak pasif. Mereka dilatih juga untuk hafal Qur'an juz 30 dengan mendatangkan ahlinya, ustad dari luar. Tahun kemarin ada 13 siswa yang telah diwisuda hafal Qur'an juz 30. 


"Paling tidak kalau siswa sudah hafal juz 30, bisa untuk menjadi imam dalam sholat tarawih," ungkap H. Cipto.


Selain itu SMPN 2 Cibingbin merupakan langganan juara MTQ Pelajar tingkat kabupaten dan otomatis mewakili kabupaten Kuningan ditingkat Provinsi. Bahkan, putra-putri pernah juara 1 secara bersamaan atas nama Iqbal dan Ainun.


2. ANGKOL


Seni Angklung dan Kohkol SMPN 2 Cibingbin sudah menjadi brand sejak dulu, bahkan sudah masuk di salah satu acara televisi indosiar dulu jaman Ega sebagai penggembira.


"Tahun kemarin, tepatnya bulan Desember Angkol kita juga tampil di acara HUT KORPRI di Pandapa Paramarta, di acara PJBN linggarjati juga kita tampil. Rencananya, nanti ketika Kuningan menjadi tuan rumah olimpiade olahraga tradisional juga kita diminta tampil di acara pembukaan," kata H. Cipto dengan bangga.


Kepala SMPN 2 Cibingbin, kab Kuningan, H. Cipto


Kedua program unggulan SMPN 2 Cibingbin ini setidaknya akan menjadi parameter pilihan juga bagi orang tua siswa yang akan mensekolahkan anaknya dari SD ke tingkat SMP. 


.(Irwan)