Wabup Ridho Suganda Terangkan Proses Mudah Perijinan Bagi Investor

Wabup Ridho Suganda Terangkan Proses Mudah Perijinan Bagi Investor

Jumat, 10 Maret 2023
Wabup Kuningan Ridho Suganda ketika menggunting pita sebuah ruangan praktek menjahit Spatu bersama Direktur PT. Shoetown Ligung Indonesia


Benangmerah - Direktur PT. Shoetown Ligung Indonesia Welly Tanwijaya, Kepala Kantor pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Kawasan Cirebon Encep Juju Junanjar terima kasih telah turut serta mengembangkan potensi Kuningan dengan bentuk kegiatan yang akan bermanfaat karena ada peningkatan kapasitas SDM untuk bisa Kabupaten Kuningan yang siap menghadapi perkembangan jaman, khususnya di jaman digitalisasi yang saat ini tengah di gaungkan oleh pemerintah pusat.


Saya sampaikan penghargaan setinggi tingginya kepada PT Shoetown Ligung Indonesia dan kepala Kantor wilayah Bea dan Cukai Jawa Barat yang telah memberikan hibah mesin Jahit Sepatu kepada Pemkab Kuningan melalui UPTD BLK Disnakertrans, ini modal yang baik untuk kita dan harus di manfaatkan sebaik baiknya, harap Wabup Kuningan Ridho Suganda yang menerima sekaligus melakuakn gunting pita dengan Direktur PT. Shoetown Ligung pada ruangan praktek jahit Spatu Nike, Kamis (9/3/2023) 


"Permasalahan di semua daerah sama, permasalahannya adalah SDM yang tidak tersedia, pastinya investasi banyak, saya yakin pengusaha banyak yang ingin memberikan membuka atau berinvestasi di daerah masing masing tapi yang mereka keluhkan itu pasti kualitas SDM nya karena  mereka membutuhkan sebuah produk berkualitas yang memang bisa di jual sekelas internasional. Jadi oleh karena itu untuk tenaga kerja jangan kuatir pak, pasti banyak dan orang Kuningan itu semuanya rajin dan ulet," terang Wabup Ridho Suganda.


Masyarakat Kuningan banyak mencari nafkah di luar kota, mau tinggal di manapun orang Kuningan pasti hidup, orang Kuningan ini pandai beradaptasi dalam situasi papun, apalagi kalau situasi ke pepet akan lebih pintar lagi dari sebelumnya. "Ini juga menjadi sebuah kendala di semua daerah, di semua pihak. Disemua lini, oleh karenanya ini merupakan sebuah potensi yang baik, dimana kita mempunyai sebuah alat pembuat sepatu yang nantinya juga bisa di manfaatkan dipelajari oleh kita. Insya Allah dengan adanya awal mula yang tadi Saya sampaikan bisa memunculkan, menumbuh kembangkan  para tenaga-tenaga kerja ahli yang ada di Kabupaten Kuningan.


Kemudian, kata Wabup, tadi sudah Saya sampaikan, kita di Kabupaten Kuningan sama sekali tidak akan mempersulit  tapi harus mengikuti aturan, karena sekarang kepengurusan ijin melalui online semua. Tidak akan mempersulit yang namanya bentuk kerjasama atau apapun juga namanya investasi perlu saya sampaikan. Saya sebagai Kordinator investasi besar di Kabupaten Kuningan.


"Kalau sampai ada yang mempersulit perijinan itu akan saya kenai sanksi orangnya, tapi harus mengikuti aturan, karena sekarang ini, ijin itu dilaksanakan melalui online semua, kenapa sih kalau berinvestasi di Kuningan ijin nya susah dan lama.


Bukan susah atau lama, tapi Bapak mintanya di tempat yang tidak diperbolehkan, kalau Bapak ingin membuka pabrik di wilayah Kuningan ya, gak akan boleh, mau sampai berapa lama juga nungguin itu ijin tidak akan keluar-keluar, tapi kalau mengusulkan ijin membuat pabrik di tempat yang sudah ditentukan dari rencana tata ruang wilayah (RTRW) nya, Saya jamin tidak akan lama juga selesai, karena Saya punya tanggungjawab untuk memgembangkan investasi di Kabupaten Kuningan, tentunya dengan tujuan untuk masyarakat Kabupaten Kuningan agar punya kehidupan yang lebih layak dari sebelumnya.


Perlu juga Saya sampaikan, banyaknya keluhan yang ingin berinvestasi tetapi kenapa sampai sebegitu susahnya, sekali lagi Saya sampaikan bukan susah tapi marilah kita menjadi warga negara yang baik dengan mentaati aturan dan perundang undangan yang ada, tentunya kita ingin hidup seneng kan, gak mau diperiksa itu, gak mau diperiksa ini dan lain sebagainya, pasti kita ingin menjalankan tugas dengan nyaman, kalau ingin menjalankan tugas dengan nyaman, hanya satu syaratnya, yaitu ikuti saja aturan yang berlaku sudah cukup, jangan sampai melanggar aturan, mudah mudahan ini di fahami.


Kita membuka ruang seluas luasnya, di wilayah Kuningan utara kita punya wilayah wisata, kalau kita ingin membuka investasi industri di wilayah Kuningan Timur. Itu disana disiapkan untuk kawasan industri, pabrik-pabrik dan lin sebagainya. Karena kita juga berharap di Kuningan tata kotanya berkembang, bukan hanya terfokus di satu wilayah saja, tapi pengembangannya ada ke timur, ada ke utara, hingga satu sama lain mempunyai taraf kehidupan yang sama. Kalau itu tidak dibuka, tentunya kita sulit mengembangkan potensi daerah, terang Wabup Ridho Suganda. (Mans Bom)