Hasil PPDB SMPN 1 Kadugede Surplus 31 Siswa

Hasil PPDB SMPN 1 Kadugede Surplus 31 Siswa

Kamis, 22 Juni 2023
Kepala SMP Negeri 1 Kadugede, Drs Ahmad Saefudin M.M.Pd


Benangmerah, Tahap sosialisasi (25 Mei - 1 Juli 2023) nampaknya dimaksimalkan betul oleh tim PPDB SMP Negeri 1 Kadugede. Bagaimana tidak, walaupun tahap pendaftaran baru memasuki hari ketiga (19 - 27 Juni 2023) , namun jumlah pendaftar sudah mencapai 340 siswa. Jika dibandingkan dengan siswa kelas 9 yang lulus sebanyak 309, maka bisa dipastikan jumlah siswa total mengalami kenaikan sebanyak 31 siswa.


Namun demikian, menurut Kepala SMP Negeri 1 Kadugede, Drs Ahmad Saefudin M.M.Pd, jumlah rombel tetap sama yaitu 10 rombel untuk kelas 7.


"Jumlah rombel untuk kelas 7 tetap sama, yaitu 10 rombel. Jadi kalau dulu kelas kurus, sekarang gemuk karena per- rombelnya mencapai 34 siswa," kata Ahmad saat ditemui di sekolah, Kamis (22/6).


Menurutnya, SMP Negeri 1 Kadugede memang selalu menjadi pilihan nomor satu bagi para calon pendaftar, selain dari segi kualitas pelayanan pendidikan, hal ini dikarenakan letak sekolah yang paling strategis di pusat ibu kota kecamatan. 


"Selain kualitas, salah satu pembeda dengan SMP lain, mungkin masalah akses transportasi ya. Kita lihat sekolah ini berada di pusat ibu kota kecamatan. Akses transportasi mudah dijangkau karena berada di jalan utama. Berbicara masalah kualitas pendidik, saya pikir saat ini sudah mulai merata, karena peningkatan kapasitas pendidik hampir ada di setiap sekolah," jawabnya.


SMP Negeri 1 Kadugede kabupaten Kuningan memang selalu menjadi sekolah favorit di wilayahnya, hal ini bisa dilihat dari jumlah siswa hasil PPDB tiap tahunnya yang berbeda jauh dengan SMP disekitarnya. Sebagian besar lulusan sekolah ini melanjutkan ke SMA dan SMK, sisanya ada yang ke MA bahkan pesantren.


.(Irwan)