Acara KPU Memperkenalkan Maskot Pika dan Piku Di Peluncuran Tahapan Dan Jadwal Pilkada 2024 Tidak Dihadiri Kepala SKPD

Acara KPU Memperkenalkan Maskot Pika dan Piku Di Peluncuran Tahapan Dan Jadwal Pilkada 2024 Tidak Dihadiri Kepala SKPD

Senin, 03 Juni 2024
Unsur Forkopimda mengangkat Maskot Pilbup Kuningan


Benangmerah, Ketidak hadiran seluruh Kepala SKPD pada acara KPU memperkenalkan Maskot Pika dan Piku di Peluncuran tahapan Jadwal Pilkada Bupati Wakil Bupati Kuningan 2024, padahal diundang. Pj Bupati Kuningan Iip Hidajah akan membahasnya dalam Rakor.


Dalam gelaran memperkenalkan Maskot Pika Piku Pilbup, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kuningan mengundang seluruh Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) serta seluruh Patai Politik yang ada di kabupaten Kuningan, Minggu 2 Juni 2024, di Pandapa Paramarta. Terpantau awak media tidak ada penjabat SKPD, hanya Kepala Kesbangpol H. Nurahim yang terlihat menghadiri. 


Acara tersebut dihadiri ratusan anggota KPPS dan PPK se Kabupaten Kuningan serta undangan lainnya. Namun menurut Pj Bupati Kuningan H.R Iip Hidajat, ketidak hadiran Kepala SKPD yang di undang KPU itu Mungkin karena hari Minggu libur, tapi ada tuh yang hadir Kesbangpol. "Masalah hadir tidak hadir karena KPU sudah mengundang kami berharap sih bisa hadir, tapi nanti ada tindak lanjut di kantor pada Rakor, harus mendukung pelaksanaan Pemilukada Kabupaten Kuningan," terang Pj Bupati, Minggu 2 Juni 2024.


Dalam acara tersebut Pj Bupati memberikan semangat dari pentingnya integritas yang haris di junjung tinggi demi suksesnya penyelenggaraan Pilkada. "PPK dan PPS sebagai ujung tombak kesuksesan Pilkada, semoga diberikan kesehatan oleh Allah SWT dalam menjalankan tugas semua pihak, mari kita saling mengingatkan dalam pelaksanaan Pilkada nanti sehingga tingkat partisipasi pemilih meningkat," papar Pj Bupati R H. Iip Hidjah di dampingi Sekda H.Dian Rachmat Yanuar.


Ketua KPU Kabupaten Kuningan, Asep Budi Hartono


Ketua KPU kabupaten Kuningan Asep Budi Hartono menyampaikan rangkaian atau tahapan pelaksanaan Pemilu Kada hingga Maskot dan tagline. "Maskot Pilkada Bupati Wakil Bupati kuningan itu dengan nama singkatan Pika Piku, artinya 'Pikeun anjeun dan pikeun Kuningan' itu diambil dari simbol Bokor Kuningan yang memiliki sejarah. Dengan Maskot Bokor Kuningan memiliki nilai spiritual dan sejarah terkait tentang kisah 'Babat Tanah Cirebon," terangnya.


Tahapan Pilkada sesuai dengan peraturan Komisi Umum No. 2 tahun 2024 tentang tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota. "Sebelumnya tahapan persiapan, dan sekarang sudah mulai tahapan pelaksanaan yakni pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan di laksanakan 5 Mei - 19 Agustus 2024, pengumuman pendaftaran pasangan calon 27 - 29 Agustus 2024.


Sedangkan untuk penelitian persyaratan calon dilaksanakan pada 27 Agustus sampai 21 September 2024, penetapan pasangan calon 22 September 2024, sedangkan pelaksanaan kampanye di mulai tanggal 25 September sampai 23 Nopember 2024. Sedangkan pelaksanaan pemungutan suara akan di gelar pada tanggal 27 Nopember 2024, papar Ketua KPU, (Mans Bom)