Empat Kali Kuningan Raih Kabupaten Layak Anak (KLA)

Empat Kali Kuningan Raih Kabupaten Layak Anak (KLA)

Rabu, 24 Juli 2019
Kuningan (BM) - Untuk kali ke-empat, Kabupaten Kuningan berhasil raih penghargaan Kabupaten Layak Anak (KLA) 2019 untuk kategori Pratama dari Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. Penghargaan tersebut diberikan di Four Points Hotel Sheraton Kota Makasar Sulawesi Selatan, pada acara Malam Penganugerahan KLA Tahun 2019, Selasa (23/07/19).

Penghargaan diberikan langsung oleh Menteri PPPA, Yohana Yambise kepada Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H., M.H. sebagai apresiasi dukungan pemerintah dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Yohana mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas jerih payah Bupati dan Walikota dalam upaya memenuhi amanat konstitusi tentang pemenuhan kebutuhan anak.

Hal ini juga membuktikan bahwa Kabupaten Kuningan merupakan daerah yang memiliki banyak hal positif, dan berjalan dengan benar khususnya dalam hal perlindungan hak anak.

Hal serupa juga dikatakan Dra. Lenny N. Rosalin selaku ketua tim verifikasi KLA dan Deputi Bidang Tumbuh Kembang Anak, bahwa Kuningan telah memenuhi beberapa prinsip anak, antara lain minimnya diskriminasi terhadap anak, kepentingan hak anak terpenuhi, dan mendengar pandangan anak dan hak kelangsungan hidup.

Setiap Kabupaten dan Kota yang mendapatkan penghargaan Layak anak telah menempuh berbagai penilaian, pertama penilaian mandiri yang dilakukan oleh masing-masing daerah, tahap kedua yaitu verifikasi, ketiga verifikasi lapangan atau penilaian langsung ke titik-titik yang menjadi pertimbangan penilaian, selanjutnya tahap verifikasi final oleh tim dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Usai menerima penghargaan Acep mengatakan, Pemerintah Kabupaten Kunngan akan terus berupaya untuk mewujudkan hak-hak anak di Kuningan. Seperti memperoleh pendidikan, kesehatan yang layak, dan hak untuk bermain. Acep juga mengucapkan apresiasinya kepada masyarakat Kabupaten Kuningan yang turut berpartisipasi dalam program pemerintah ini.

"Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi kepada masyarakat Kuningan karena telah berpartisipasi dengan baik khususnya dalam perlindungan anak sehingga Kuningan dapat memperoleh penghargaan KLA selama 4 tahun berturut-turut,” Pungkas Acep.

Pada hakikatnya penghargaan ini adalah buah kerja bersama semua elemen, baik masyarakat, pemerintah, DPRD, swasta, untuk itu saya mewakili Pemerintah Kabupaten Kuningan mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya dalam mewujudkan Kabupaten Layak Anak, semoga kerja kita dapat menjadikan anak-anak kita generasi emas yang akan mewarisi cita-cita kita semua membawa Kabupaten Kuningan MAJU. 


.(irwan/dok humas)