BKPSDM Gelar Diklat Calon Kepala Sekolah

BKPSDM Gelar Diklat Calon Kepala Sekolah

Senin, 23 September 2019
Diklat Calon Kepala Sekolah Angkatan III Tahun 2019 di BKPSDM kab. Kuningan

KUNINGAN (BM) - Peran guru dan kepala sekolah dalam dunia pendidikan sangatlah vital. Guru dan kepala sekolah dituntut mempunyai kemampuan tinggi, baik dari sisi teknis,  managerial maupun sosial kultural untuk mengarahkan pengembangan sekolah  menjadi lembaga pencetak generasi yang mempunyai  pengetahuan dan wawasan sesuai dengan perkembangan jaman.

Kebijakan pemerintah dalam merevitalisasi fungsi pendidikan salah satunya melalui  peningkatan kualitas  pendidikan yang dimulai dari pendidikan dasar. Sementara itu, upaya membentuk Guru yang akan diberi tugas sebagai Kepala Sekolah  untuk memimpin dan mengelola sekolah salah satu tahapannya adalah Diklat Calon Kepala sekolah. 

“Hal ini sejalan dengan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah.  Dalam hal ini memuat mekanisme penyiapan Kepala Sekolah, seleksi administrasi, seleksi subtansi dan Diklat Calon Kepala Sekolah yang pada hari ini akan dilaksanakan,” jelas Wabup Kuningan, H.M. Ridho Suganda pada acara Pembukaan Diklat Calon Kepala Sekolah Angkatan III tahun 2019. Bertempat di UPTD Pengelola Fasilitasi Pengembangan SDM- BKPSDM Kab. Kuningan, Senin (23/9)

Menurutnya, kegiatan diklat calon kepala sekolah ini merupakan tahap penyiapan kompetensi calon kepala sekolah untuk memantapkan wawasan, pengetahuan, sikap, nilai, dan keterampilan dalam memimpin sekolah. Dengan menggunakan metode In Sevice Learning dan on The Job Learning. 

Dalam kegiatan ini BKPSDM kabupaten Kuningan juga bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Solo serta Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan  (LPMP) provinsi Jawa Barat.

.(One)