Pembangunan Infrastruktur di Desa Langseb Libatkan Warga Setempat

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Pembangunan Infrastruktur di Desa Langseb Libatkan Warga Setempat

Rabu, 16 Oktober 2019
Pjs. Kepala Desa Langseb, M. Suherman (kiri) dan Bendahara Desa, Dian Prawira (kanan)

KUNINGAN (BM) - Pembangunan infrastruktur di Desa Langseb, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melibatkan masyarakat setempat dengan program padat karya tunai (PKT). Program yang dianggarkan dari dana desa itu dalam rangka mempercepat dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Pjs. Kepala Desa Langseb , M. Suherman mengatakan dalam melaksanakan pembangunan infrastruktur di tingkat desa, mereka menerapkan program PKT. Dimana, dalam proses pembangunan melibatkan masyarakat sekitar. Menurutnya program padat karya tunai merupakan upaya dalam menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar. Dimana, pada akhirnya untuk meningkatkan dan mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar. 

"Dengan PKT itu agar dapat memberikan kesempatan kerja dan tambahan upah kepada masyarakat miskin desa. Masyarakat tidak hanya sekedar menonton saja,” tutur Suherman saat ditemui di kantor desa, Rabu (16/10).

Sementara itu, Bendahara Desa Dian Prawira, mengatakan pembangunan infrastruktur tahun 2019, desa Langseb telah menyelesaikan dua Jalan Usaha Tani yang terletak di dusun Puhun dengan teknik rabat beton dan labur aspal. Selain itu dalam rangka meningkatkan pelayanan maksimal, pemdes Langseb juga telah rampung membangun Pront Office di kantor desa. Semuanya didanai dari dana desa termin satu dan dua.

"Semua kegiatan yang didanai dari anggaran Pemerintah Pusat itu kita akan laksanakan dengan melibatkan masyarakat sekitar. Hal ini agar pemanfaatan dana desa tersentuh langsung ke masyarakat," katanya.

Dian mengatakan pihaknya dalam melaksanakan pembangunan selalu mengutamakan program PKT. Hal ini dilakukan sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo dan Pemkab Kuningan.

"Sesuai instruksi dari Pemerintah Pusat dan Pemkab Kuningan, pelaksanaan pembangunan desa harus mengutamakan PKT.  Dan setelah dilaksanakan, memang sangat mempengaruhi tingkat ekonomi masyarakat sekitar," kata dia.

. (Irwan)

GilaBola+