Tanamkan Nilai Keagamaan, SDN 1 Awirarangan Wajibkan Siswa Sholat Jumat dan Yasinan

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Tanamkan Nilai Keagamaan, SDN 1 Awirarangan Wajibkan Siswa Sholat Jumat dan Yasinan

Jumat, 31 Januari 2020
SD Negeri 1 Awirarangan Kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan

KUNINGAN, (BM) - Penanaman nilai  Keagamaan ditingkat Sekolah Dasar merupakan sebuah pelajaran yang sangat penting dalam proses pembentukan karakter anak menjelang dewasa. 

Di jaman saat ini terkadang orang tua sangat kurang memberikan pendidikan keagamaan terhadap anaknya. Kesibukan yang dialami pasangan orang tua siswa menyebabkan anak kurang pendidikan dari orang tua saat di rumah dan praktis orang tua hanya mengandalkan sekolah formal dalam mendidik anaknya.

Hal ini juga disadari oleh beberapa sekolah dasar seperti SDN 1 Awirarangan kecamatan Kuningan Kabupaten Kuningan yang mewajibkan siswanya untuk mengikuti Sholat Jumat Berjamaah dan Yasinan setiap hari Jumat. Untuk yasinan sendiri dilaksanakan pada setiap hari Jumat pukul  7.30.

Menurut Kepala Sekolah SD Negeri 1 Awirarangan, Agus Kardiman, S.Pd, kegiatan ini rutin ini sudah berlangsung lama dilaksanakan di sekolah. Tujuannya adalah dalam rangka menanamkan nilai-nilai keagamaan terutama nilai keimanan siswa serta pembinaan kedisiplinan.

"Kami berharap dengan adanya kegiatan agama ini bisa membentuk karakter anak yang patuh terhadap aturan baik aturan agama maupun sekolah sehingga siswa bisa terbiasa dengan sikap disiplin dalam berbagai hal. Ketika dasarnya sudah baik, insya Allah menjelang dewasa mental anak juga akan baik. Walaupun memang waktu anak SD lebih banyak di rumah, tapi minimal pihak sekolah sudah memberikan pendidikan dasar yang baik," jelas Agus saat ditemui di kantor UPTD kecamatan Kuningan beberapa waktu lalu.

Agus juga menambahkan, selain sholat Jumat dan Yasinan berjamaah, pihak sekolah juga diketahui membiasakan siswa untuk melaksanakan sholat Duha setiap Selasa-Kamis. Jadi setiap pagi sebelum memulai pelajaran di kelas selalu ada kegiatan. Antara lain, upacara bendera (Senin), Sholat Duha (Selasa-Kamis, Yasinan (Jumat) dan Senam (Sabtu).

.(Irwan)

GilaBola+