60 Hektar Sawah Desa Legokherang Segera Rasakan Manfaat Pembangunan Saluran Irigasi

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Tag Populer

60 Hektar Sawah Desa Legokherang Segera Rasakan Manfaat Pembangunan Saluran Irigasi

Rabu, 23 September 2020

 

Hasil Pembangunan Irigasi Kelompok P3A Mitra Cai Sukaluyu, Desa Legokherang, Kecamatan Cilebak, Kabupaten Kuningan

KUNINGAN, (BM) – Saluran irigasi persawahan merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh terhadap hasil panen. Beruntung bagi para petani yang tergabung dalam kelompok P3A Mitra Cai Sukaluyu, desa Legokherang, kecamatan Cilebak kabupten Kuningan yang segera merasakan manfaat dari pembangunan saluran irigasi yang bersumber dari dana APBN melalui BBWS Citanduy.

 

Hasil pantauan media online benangmerah.co.id pengerjaan saluran irigasi kelompok P3A Mitra Cai Sukaluyu telah rampung dikerjakan. Saluran irigasi sepanjang 370 meter (kiri-kanan), lebar 30 centimeter dan tinggi 80 centimeter ditambah perpanjangan 25 meter ternyata mampu mengairi area sawah di dusun Sumanding seluas 60 hektar.

 

Ketua kelopok Mitra Cai Sukaluyu, Tisna melalui Sekretaris kelompok, Karsudin mengatakan, irigasi yang dibangun secara swakelola ini dalam rangka meningkatkan produktifitas panen padi di desa Legokherang.

 

Sekretaris Kelompok P3A Mitra Cai Sukaluyu, Karsudin

“Kalau sebelumnya petani hanya bisa panen sekali dalam setahun, diharapkan dengan adanya saluran irigasi ini, para petani di desa kami, khususnya dusun Sumanding bisa panen minimal dua kali dalam setahun. Karena disaat musim kemarau pun, sawah bisa terairi dengan baik,” kata Karsudin saat dikonfirmasi, Rabu (23/9).

 

Baca juga : Pengelola Proyek BBWS di Desa Cinagara Patut Disorot


Menurut Karsudin, pihaknya sangat bersyukur dengan adanya program pemerintah ini dan berharap kedepan program pemerintah melalui BBWS ini terus berlanjut. Hal ini mengingat sebagian besar warga desa Legokherang bermatapencaharian sebagai petani dengan area persawahan yang sangat luas.

 

“Ya, kita berharap selain program melalui BBWS terus berlanjut, kami juga mengharapkan program pembangunan irigasi dari pemerintah kabupaten Kuningan melaui dinas PUTR bisa menyasar desa kami, mengingat kebutuhan irigasi desa kami yang sangat banyak,” tuturnya  (Irwan)

GilaBola+