7.720 Vial Vaksin Hadir di Kuningan, Launching Vaksinasi Covid-19 Ditandai Penyuntikan 10 Orang VVIP

7.720 Vial Vaksin Hadir di Kuningan, Launching Vaksinasi Covid-19 Ditandai Penyuntikan 10 Orang VVIP

Kamis, 28 Januari 2021

Lauching Vaksinisasi Covid-19 tahap pertama secara simbolis di Puskesmas Garawangi, Kamis (28/1/2021).

 

Kuningan ,- 10 orang VVIP terdiri dari Wakil Bupati, Kapolres, Dandim, Kepala Pengadilan Negeri, Perwakilan MUI, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Kepala Kemenag Kabupaten Kuningan, dan Perwakilan DPRD yang disuntik vaksin sinovac tadi siang menandai Lauching Vaksinisasi Covid-19 tahap pertama secara simbolis di Puskesmas Garawangi, Kamis (28/1/2021).

 

Hadir dalam acara tersebut bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH tidak masuk daftar vaksinisasi, karena dilihat dari anilisis kesehatan dan usia tidak di anjurkan untuk melaksanakan vaksin.

 

“Vaksin sudah hadir di Kabupaten Kuningan sebanyak 7.720 vial untuk 2 kali penyuntikan, pada perdana hari ini kita telah melakukan penyuntikan untuk 10 orang VVIP dan sisanya untuk tenaga kesehatan. Mohon maaf saya tidak termasuk kedalam 10 penerima vaksin perdana, karena vaksin covid 19 sinovac hanya untuk usia 18-59 tahun.” ujar Bupati.

 

Untuk usia anak-anak dan lansia 60-89 tahun masih menunggu vaksin yang lain menunggu referensi ahli klinis dari jenis vaksin lain.

 

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi mengeluarkan izin penggunaan darurat (emergency use authorization-eua) vaksin covid 19 sinovac pada januari 2021, karena memiliki mutu yang memenuhi standar yang berlaku, syarat pembuatan obat yang baik, dan memiliki manfaat yang lebih besar dari resiko yang didasarkan atas data klinik dan non klinik serta adanya sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

 

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Dr. Hj. Susi Lusiyanti, MM. melaporkan data sasaran hari ini dan 3 hari ke depan akan dilaksanakan sebanyak 3.860 orang sasaran, jadi ada 327 sasaran yang belum di vaksin pada tahap pertama ini.

 

Jumlah vaksin yang sudah datang dan siap di distribusikan sebanyak 7.720 vial dan sudah tersedia 50 fasilitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Kuningan yang sudah terdaftar dalam vikel  dan di SK  kepala Dinas Kesehatan. Data nakes yang melayani  ada 37 puskesmas (klinik polres kuningan, klinik kodim, Mitra husada, 3 Rumah sakit umum daerah, dan 8 Rumah sakit swasta).

 

“Kami saat ini memiliki 41 orang vaksinator, terdiri dari 37 orang di Puskesmas 2 orang di RS 45 dan 2 orang di RS Linggajati. Dan kita akan menyuntikan vaksin perdana untuk 10 orang untuk memberi tauladan pada masyarakat.” Ujar Dr. Hj. Susi Lusiyanti

 

Tim Vaksin Dr. Deni Mustafa juga menyampaikan bahwa, Vaksin ini ditargetkan akan selesai pada akhir bulan Februari, Karena Kuningan sudah ditugaskan oleh pemerintah pusat untuk segera cepat melakukan vaksinasin. Selain itu ada 5 vaksin yang dipesan oleh Indonesia diantaranya AstraZeneca, Sinopharm, dan Pfizer.

 

”Untuk hari ini semua Puskesmas akan mengambil vaksin di Gudang obat, sementara untuk perwakilan yang telah di suntik vaksin tidak perlu khawatir  karena memang efeknya untuk 1 sampai 2 hari mungkin tidak bisa melakukan gerakan yang berat-berat, serta harus tetap melaksanakan protokol kesehatan walaupun sudah di suntik vaksin.  Penyuntikan vaksin kedua memerlukan jeda waktu 14 hari untuk memberi waktu pada tubuh memproduksi anti body.“ ujar Dr. Deni. 


.(One)