Hadapi Era Digitalisasi, Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Gelar Pelatihan Guru Inspiratif

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Hadapi Era Digitalisasi, Bidang Pembinaan SMP Disdikbud Gelar Pelatihan Guru Inspiratif

Minggu, 15 Agustus 2021
Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Abidin, S.Pd, M.Si


Kuningan, (BM) - Hampir dua tahun sudah umat manusia dihadapkan pada situasi pandemi virus Corona Disease 2019 atau Covid-19. Keadaan ini memaksa semua bidang kehidupan termasuk bidang pendidikan beralih ke era digitalisasi.


Pembelajaran Daring merupakan satu-satunya metode yang dianggap tepat ditengah pandemi Covid-19. Namun demikian banyak sekolah terutama para guru yang kesulitan dalam penerapan teknologi digital untuk mewujudkan pembelajaran daring secara maksimal dan tepat sasaran.


Upaya meningkatkan kapasitas kepala sekolah dan guru SMP dalam penguasaan teknologi digital dilakukan oleh bidang pembinaan SMP Disdikbud Kuningan melalui pelatihan guru 'Inspiratif' secara virtual.


Kegiatan yang digelar selama dua hari, 13 - 14 Agustus ini terselenggara atas kerjasama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementrian Kominfo Republik Indonesia.


Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Drs.H. Uca Somantri, M.Si. Direktur Ekonomi Digital Kementrian Kominfo, I Wayan Adhiarna, PLT. Kepala Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan-Ristek Republik Indonesia, Supriatno, S.Pd.,M.A.  Co-Founder dan CEO Pahamify, Syarif Rusyan Fikri. 


Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Guru Inspiratif secara Virtual


Sementara, yang menjadi nara sumber pelatihan diantaranya: Andi Akbar Tanjung (Teacher Comunity Manajer Pahamify),. Rizky Rahmat (Yayasan Guru Belajar).


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Kuningan, Drs. H. Uca Somantri, M.Si melalui Kepala Bidang Pembinaan SMP, Abidin, S.Pd, M.Si mengatakan, kegiatan ini dilakukan merupakan tindak lanjut evaluasi Dinas Pendidikan terhadap pembelajaran jarak jauh (daring) yang dilakukan sekolah selama satu tahun lebih.


"Pelatihan diikuti oleh 280 peserta terdiri dari kepala sekolah dan guru SMP di Kabupaten Kuningan, dan peserta tamu dari bandung, Sukabumi dan cirebon," katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (13/8)


Dikatakannya, kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan sebagai upaya dalam rangka memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan khususnya bagi para pendidik untuk dapat memberikan layanan pembelaran yang semakin bermutu di era pandemi covid -19 ini.


.(Irwan)