Pemkab Kuningan dan Pemkab Cirebon Tandatangani MoU Pengelolaan SDA

Pemkab Kuningan dan Pemkab Cirebon Tandatangani MoU Pengelolaan SDA

Kamis, 11 November 2021

Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH dan Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag, Rabu, malam (10/11/2021)


Kuningan, (BM) - Pemkab Kuningan dan Pemkab Cirebon Tandatangani Naskah Kerjasama Pengelolaan  Sumber Daya Air Cibodas, Bebelan, Astana Desa Kaduela, dan Cigusti Desa Padamatang Kecamatan Pasawahan Kabupaten Kuningan, bertempat di Cirebon. Penandatanganan dilakukan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH dan Bupati Cirebon Drs. H. Imron Rosyadi, M.Ag, Rabu, malam (10/11/2021).


Sekda Kuningan  Dr. Dian Rachmat Yanuar, M.SI mengatakan, dalam Perjanjian Kerjasama  Pengelolaan Sumber daya air ini,  Pemkab Cirebon memberikan dana kompensasi sebesar Rp.250/M3  yang dibayarkan setiap bulan setelah dikurangi toleransi kebocoran sebesar 20%  yang dihitung dari besaran debit air baku sesuai hasil bacaan meter air di hulu. Sebelumnya Kompensasi air sebesar  Rp.110/M3.


“Perjanjian kerja Sama ini akan dilakukan evaluasi bersama 3 (tiga) tahun sekali, untuk  pelaksanaan pembayaran dana kompensasi ini, mulai dilaksanakan atas pemanfaatan air bulan Januari 2022,” ungkapnya  didampingi   Dr. Ukas Suhar Saputra, Direktur PAM Tirta Kamuning, dan Pejabat Pemkab lainnya.


Bupati Kuningan menuturkan, apa yang kita lakukan malam ini,  intinya  ingin memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Bagaimanapun Masyarakat Kabupaten Cirebon juga bagian dari Kuningan yang  merupakan  bagian yang tidak terpisahan dengan NKRI.


“Untuk ketersedian air harus kita jaga baik dari sisi kualitas maupun kuantitatas. Kuningan sebagai  wilayah yang dianugerahkan  memiliki mata air tentu berkewajiban menjaga dan memelihara dengan melakukan penghijauan di wilayah sumber mata air  dan  sekitarnya  agar debit air tidak berkurang. Hal ini perlu kita perhatikan bersama-sama,”harapnya.


Sementara itu, Bupati Cirebon, menyampaikan terima kasih atas diperpanjangnya  kerjasama pengelolaan air ini.  Dengan adanya perpanjangan kerjasama semoga apa yang kita sepakati membawa manfaat untuk kedua belah pihak. Bagi kami  air dari Kuningan sudah menjadi ketergantungan, karena memiliki kualitas air yang bersih dan seger.


.(Irwan)