Kuningan Miliki Bioskop Mini Edukasi Disdiknas, Di Deretan Pertokoan Siliwangi

Kuningan Miliki Bioskop Mini Edukasi Disdiknas, Di Deretan Pertokoan Siliwangi

Sabtu, 08 Juni 2024
Krek bentangan pita berhiaskan bunga di gunting Pj Bupati R.H Iip Hidayat didampingi Kadisdik, Asda II serta Penanggungjawab Mini Theater Edukasi Surya, tanda resminya MTE di buka


Benangmerah - Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Kuningan berinovasi, memberikan hiburan Theater Mini beredukasi. Gedung bioskop mini ini memanfaatkan salah satu Ruko Tiga lantai, dari 14 Ruko yang belum diminati pedagang di deretan Jalan Siliwangi Kuningan paska revitalisasi.


Duk duk duk...suara ketukan Mix oleh telunjuk tangan Pj Bupati Kuningan DR. Drs. R.H Iip Hidajah, S.Pd

pertanda resminya Theater Mini di buka resmi. Lanjut Iip bercakap tentang kehadiran Mini Theater Edukasi yang di selenggarakan Disdiknas Kabupaten Kuningan, namun Pj Bupati Iip, enggan menyebut inisiator inspiratif ini. Ketika ditanya siapa inisiatornya, "Ya pokoknya ada lah di Kabupaten Kuningan," timpal Iip.


Keberadaan Theater Mini Edukasi ini, lanjut Iip, merupakan bagian dari sinergi Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam mendukung program gerakan "Beu Sakola dan ngamumule Angklung, Beu yang bertujuan guna meningkatkan mutualitas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Kuningan," cakapnya. 


Bioskop Mini yang berlokasi di deretan Pertokoan Jl. Siliwangi pasca revitalisasi ini, menutur Pj Bupati Kuningan Iip. Cukup beralasan karena selain tempatnya strategis yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat luas, Iip juga berharap, keberadaan Mini Theater Edukasi yang strategis ini juga dapat menjadi pusat edukasi dan kebudayaan sebagai magnet untuk menarik minat masyarakat khususnya pelajar agar bisa memanfaatkan maksimal, cakap R.H Iip penuh harap.


Di Satu Lokasi Bioskop dengan pemutaran video lebar dengan tampilan film edukatif fasilitas pendidikan ini juga terdapat layanan umum bagi yang mau melegalisir, pergantian ijazah, dapodik, mutasi siswa, sertifikasi, serta konsultasi PIP. Izin pendirian sekolah juga daftar pendirian organisasi seni dan budaya, dilengkapi pula dengan berbagai layanan seputar dunia pendidikan.


Di lantai Dua Bioskop pemutaran film edukasi tampak Pj Bupati seru berbincang dengan Surya penanggung jawab TME didampingi Kadisdik serta Asda II


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Uu Kusmana S. Sos,. M.Si menghadirkan Mini Theater Edukasi ini, terdorong oleh kebutuhan yang berimplementasi Kurikulum Merdeka yang menurut pembelajaran fleksibel serta berpusat pada peserta didik. Dalam meningkatkan kualitas pendidik. Uu optimis melalui tayangan film edukasi ini. "Keinginan kami untuk meningkatkan kualitas pendidikan melalui tayangan edukatif juga merupakan salah satu motivasi kami terutama dalam mengimplementasikan kecakapan siswa siswi kami dalam dunia pendidikan," papar Kadisdiknas Kabupaten Kuningan. 


Sistim pengelolaan dan tanggungjawab Mini Theater Edukatif ini di percayakan kepada Surya S.Pd (Kepala SMPN 1 lebakwangi serta Adang kusdiana Kepala SMPN 1 Kuningan, wujud dan status serta fasilitas Mini Theater Edukasi ini sangat terbatas dan tidak permanen lantaran bersifat sementara di deretan Ruko Siliwangi yang merupakan layanan publik, MTE ini bisa saja hilang karena di sewa pengusaha niaga 


Waktu pemutaran film edukasi yang dapat di akses bagi siswa siswi serta umum mulai pukul 09.00 hingga pukul 21.00 WIB, "Ada Enam sesi di jadwal tayang nya. Masing masing segmentasi jenjang sekolah RA, SD, SLTP, SLTA dan umum. Kecuali hari minggu hanya Tiga sesi dan dibuka untuk umum," terang Kadisdik Uu. Didampingi Penanggung jawab teknis Theater Mini Edukasi, Surya serta Adang dalam cakapnya, (Mans Bom)