Satu Dari Sepuluh Terbaik, Pemdes Cimulya Implementasikan APBDes 2019

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Satu Dari Sepuluh Terbaik, Pemdes Cimulya Implementasikan APBDes 2019

Rabu, 15 Mei 2019
KUNINGAN - Desa Cimulya kecamatan Cimahi merupakan satu dari sepuluh desa dengan administrasi terbaik se-kabupaten Kuningan, terutama dalam penyusunan dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) APBDes. Oleh karenanya, pencairan Dana Desa dan Alokasi Dana Desa pun lebih dulu dari kebanyakan desa lainnya.

Di tahun 2019 ini kegiatan pertama langsung dilakukan pemdes Cimulya melalui pembangunan imprastruktur sarana dan prasarana. Salah satu kegiatan pembangunan yang sedang dikerjakan adalah perbaikan jalan dusun.

Kepala Desa Cimulya, Warkim mengatakan pembangunan jalan dusun tersebar di 4 lokasi. Setiap lokasi kegiatan diadakan perbaikan jalan dengan rabat beton dan TPTnya.

"Hari ini kita mulai melaksanakan pekerjaan di dusun satu. Kita kerjakan swakelola bersama masyarakat, bahkan materialpun kita beli dari warga dalam rangka pemberdayaan sesuai arahan pemerintah," ujarnya saat ditemui di lokasi kegiatan, Senin (13/5).


Dijelaskan-nya, kegiatan yang dikerjakan tertulis dalam APBDes dan mengacu kepada RAB. Untuk empat lokasi, kita anggarkan 240 juta seperti tercantum dalam APBDes. Untuk dusun satu, lanjut Warkim, panjang jalan yang dikerjakan 300 meter dan lebar 2,5 meter termasuk TPT dan riul jalan. Sedangkan dusun yang lain berbeda, sesuai RAB masing-masing.

"Kali ini pencairan anggaran kegiatan tidak per termin. Tetapi, diajukan berdasarkan progres pekerjaan setelah di verifikasi kecamatan terlebih dahulu. Dalam satu tahun, anggaran DD dan ADD yang kami terima besaran-nya mencapai satu miliaran. Yang didalamnya termasuk untuk siltap, ATK, pemberdayaan dan pembangunan," terangnya.

Warkim berharap, dengan tingkat kesulitan geografis, Desa Cimulya mendapat alokasi anggaran yang lebih besar. Ia juga berharap tidak ada lagi keterlambatan turun-nya anggaran. (Irwan)

GilaBola+