Kelompok Tani Mekar Hurip Desa Sindang Bangun Saluran Irigasi Sepanjang 500 Meter

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Kelompok Tani Mekar Hurip Desa Sindang Bangun Saluran Irigasi Sepanjang 500 Meter

Sabtu, 01 Mei 2021

 

Pengerjaan Kegiatan P3-TGAI Kelompok Mitra Cai Mekar Hurip Desa Sindang Kec. Lebakwangi

Kuningan, (BM) - Guna menunjang peningkatan produktifitas atau panen masyarakat tani desa Sindang kecamatan Lebakwangi kabupaten Kuningan, kelompok Mitra Cai Mekar Hurip membangun secara permanen saluran irigasi sepanjang 500 meter di blok Biritdayeuh.


Pembangunan saluran irigasi ini diharapkan bisa memberikan akses air bagi 7 Hektar pesawahan yang ada di desa Sindang. Kegiatan ini merupakan bantuan BBWS Cimanuk-Cisanggarung Cirebon melalui program P3-TGAI.


Diketahui BBWS Cimancis memang secara rutin menggulirkan program bantuan P3-TGAI tiap tahun kepada kelompok tani di kabupaten Kuningan yang berada di Daerah Irigasi yang menginduk dari sungai Cimanuk dan Cisanggarung. Ini merupakan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang bertujuan meningkatkan produktifita hasil pertanian.


Ketua Kelompok Mekar Hurip, Cartam didampingi Kepala desa, Nursyamsi dan Kasi Ekbang, Andi Hernawan berharap dengan dibangunnya saluran irigasi ini bisa meningkatkan produktifitas masyarakat tani yang ada di desa Sindang


Ketua Kelompok Mekar Hurip, Cartam didampingi Kepala Desa Sindang Nursyamsi dan Kasi Ekbang, Andi Hernawan

"Mudah-mudahan dengan dibangunnya saluran irigasi ini hasil panen padi di desa Sindang, khususnya blok Biritdayeuh bisa meningkat dari yang tadinya 2 kali panen dalam setahun, bisa 3 kali panen, sehingga petani tidak lagi merugi serta menambah kesejahteraan petani sesuai harapan pemerintah," Harap Cartam saat ditemui, Sabtu (1/5).


Terlihat pembangunan saluran irigasi yang sedang dikerjakan kelompok tani Mekar Hurip sudah mencapai progres sekitar 60 persen. Konstruksi ini dibangun dengan panjang 500 meter, tinggi 0,6 meter, kedalaman pondasi 0,25 meter serta lebar atas 0,3 meter.


"Insya Alloh konstruksi ini memiliki kualitas. Sebelumnya kita juga membangun bendungan sudah 15 tahun masih kuat. Begitu juga dengan saluran irigasi ini saya yakin bisa bertahan diatas 10 tahun," pungkas Andi


Ditempat yang sama Kepala Desa Sindang, Nursyamsi menerangkan bahwa luas pesawahan di desa Sindang saat ini sekitar 76 Ha. Dari tahun ke tahun terus berkurang dikarenakan banyak yang dijadikan pemukiman.  

.(Irwan)