Naik Satu Rombel, PPDB SMPN 2 Jalaksana Dinilai Sukses

Iklan Semua Halaman

Masukkan kode iklan di sini. Direkomendasikan iklan ukuran 970px x 250px. Iklan ini akan tampil di halaman utama, indeks, halaman posting dan statis.

Tag Populer

Naik Satu Rombel, PPDB SMPN 2 Jalaksana Dinilai Sukses

Jumat, 16 Juli 2021

 

Kepala SMP Negeri 2 Jalaksana, H. Carsim, S.Pd, M.Pd

Kuningan, (BM) - Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ajaran 2021/2022 baru saja selesai Minggu lalu. Minggu ini, calon siswa baru memasuki proses daftar ulang. Tidak dipungkiri dalam setiap proses PPDB terjadi persaingan antar sekolah sederajat dalam menjaring siswa baru. SMP Negeri 2 jalaksana dinilai telah sukses dalam pelaksanaan PPDB tahun ini dengan penambahan satu rombongan belajar (rombel).


Setelah sebelumnya meluluskan 187 siswa kelas IX, hasil penerimaan siswa baru tahun ini yang telah mendaftar ulang sebanyak 224 siswa. Alhasil sekolah ini telah menambah satu rombel untuk tahun ajaran 2021/2022. Ini juga sekaligus merupakan keberhasilan pihak sekolah dalam mendapatkan kepercayaan masyarakat khususnya di kecamatan jalaksana.


Menurut Kepala SMP Negeri 2 Jalaksana, H. Carsim, S.Pd, M.Pd, pencapaian PPDB tahun ini bukan semata-mata serba kebetulan. Meskipun memakai sistem zonasi, persaingan penjaringan siswa baru di kecamatan jalaksana cukup ketat. Hal ini dikarenakan ada beberapa sekolah besar setara SMP, seperti SMPN 1 Jalaksana dan MTsN 7 Kuningan yang tidak diberlakukan zonasi.


"Pertama sekitar bulan Februari saya melakukan silaturahmi dengan sekolah dasar yang ada di lingkup kecamatan Jalaksana, ada 13 SD, sambil memperkenalkan diri. Saat itu berarti dua bulan sebelum kegiatan PPDB. Pada saat kegitan PPDB saya secara sendiri melakukan silaturahmi ke-dua kepada sekolah yang sama. Kemudian yang ketiga bersama panitia saya melakukan sosialisasi sambil membagikan brosur," terang H. Carsim, saat ditemui media benangmerah.co.id, Kamis (15/7).


Dikatakannya, Tanggapan mereka sangat positip, kebetulan waktu kunjungan ke salah satu SD di desa peusing, di situ lagi ada kumpulan kepala sekolah SD se-kecamatan Jalaksana. Bahkan ketua PGRI pun apresiasi terhadap langkah kami dalam menjalin kedekatan emosional dengan sekolah dasar yang ada di kecamatan Jalaksana.


"Ada beberapa materi yang kami sampaikan waktu itu, diantaranya, kami menekankan masalah zonasi, kedua kita memberikan jaminan bahwa anak yang sekolah di SMPN 2 Jalaksana akan dididik dengan baik, ditunjang dengan tenaga pendidik berkualitas lulusan S1 dan S2," tambahnya


Kemudian, masih H. Carsim, kami juga memberikan harapan kepada siswa dan orang tuanya, bahwa nanti kelak lulusan sekolah kami akan bisa diterima di SMA Negeri Jalaksana.


"Ya Alhamdulillah, segala upaya kami membuahkan hasil dengan adanya penambahan satu rombel. Tentunya ini merupakan keberhasilan bersama dari kami seluruh jajaran pendidik dan tenaga pendidik SMP Negeri 2 Jalaksana," pungkas kepala sekolah yang belum genap satu tahun menjabat di sekolah ini.


.(Irwan)