Penataan Pertokoan Siliwangi Dipastikan Rampung Akhir Tahun, Bagaimana Nasib PKL?

Penataan Pertokoan Siliwangi Dipastikan Rampung Akhir Tahun, Bagaimana Nasib PKL?

Selasa, 14 November 2023

 

Kepala DPUTR Kabupaten Kuningan, Ir. I Putu Bagiasna, MT


Benangmerah, Pertokoan Siliwangi yang saat ini tengah dilakukan penataan direncanakan rampung akhir tahun 2023. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang kabupaten Kuningan, Ir. I Putu Bagiasna, MT saat ditemui Senin (13/11/2023) di ruang kerjanya.


Dikatakannya, penataan yang dibiayai APBD Kuningan sebesar 3 milyar lebih tersebut meliputi, pembangunan RTH (Ruang Terbuka Hijau) di empat titik pada setiap ujung pertokoan, pelebaran trotoar, pengecatan toko dan pemasangan auning. Selain itu ditengah pertokoan sebelah timur akan dibangun ruang jalan yang akan terhubung dengan kios yang ada di jalan Langlang buana.


"Penataan pertokoan Siliwangi merupakan rangkaian dengan pembangunan ex SDN 17 yang akan dijadikan tempat parkir motor dan tempat Pedagang Kaki Lima (PKL). Untuk tempat parkir di ex SDN 17 Kuningan, nantinya akan ditembuskan dan langsung berhubungan dengan jalan pasar Kepuh," ujarnya.


Pekerjaan Penataan Pertokoan Siliwangi yang saat ini tengah berjalan

Menurut Putu, penanganan PKL harus diperhatikan agar pembangunan dan penataan kota bisa berfungsi dengan baik. Untuk itu diperlukan koordinasi lintas SKPD antara DPUTR, Diskoperindag dan Satpol PP sebagai penegak aturan.


"Kesinambungan PKL juga sangat penting karena menyangkut perekonomian masyarakat Kuningan. Saya dapat informasi bahwa jumlah PKL di sekitar pertokoan Siliwangi mencapai 200 pedagang. Pemkab juga harus memastikan ketika mereka dipindahkan ke ex SDN 17 Kuningan, tidak mengurangi income dari hasil usahanya, sehingga tidak kembali turun didepan pertokoan seperti yang terjadi di Taman Kota," kata Putu.


Sementara itu penataan tempat parkir dan tempat PKL di Ex SDN 17 akan dilanjutkan tahun 2024. Karena untuk tahun ini hanya disediakan anggaran 200 juta sekian.


Konsep awal  perencanaan Penataan Pertokoan Siliwangi di tahun 2023
Sumber : BPKAD kabupaten Kuningan


Sebelumnya, keberadaan PKL di depan pertokoan Siliwangi memang menjadi polemik bagi pemkab Kuningan, disatu sisi menjadi tempat usaha kecil yang menumbuhkan perekonomian masyarakat kecil, disisi lain juga menjadi keluhan bagi penyewa pertokoan karena terhalangi PKL, sehingga berpengaruh terhadap peningkatan PAD Kuningan dari pertokoan tersebut.


Diketahui bahwa pertokoan Siliwangi baik sisi timur maupun barat merupakan aset pemkab Kuningan dimana hasil sewa menyewa dengan pedagang menjadi salah satu PAD kabupaten Kuningan.


.(One)